Teknik Dasar Service Yang Benar Dalam Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Service Yang Benar Dalam Permainan Bola Voli

Permainan beregu ini memerlukan kepenguasaan yang bagus dalam beberapa tehnik dasarnya. Begitu halnya teknik servis bola voli. Untuk yang belum terlatih mainkan bola voli, karena itu olahraga ini termasuk cukup susah buat dimainkan oleh orang pemula.

Baca Juga Artikel Ini :

Saat sebelum kuasai teknik yang lain, beberapa pemain umumnya diwajibkan untuk pelajari teknik servis dalam voli lebih dulu. Servis dalam bola voli diartikan sebagai awalan dan pukulan pembuka dalam olahraga ini. ada dasarnya teknik servis dalam laga voli terdiri jadi cara-cara.

Teknik Servis Dalam Bola Voli

Teknik dasar bola voli ini sebagai tanda diawalinya permainan. Beberapa pemain nanti harus mengirimi bola yang susah didapat musuh. Maksudnya ialah supaya bisa mengambil point secara mudah pada awal laga.

Dalam permainan bola voli, servis sebagai salah satunya teknik yang penting. Jika servis tidak berhasil dilaksanakan, karena itu team akan kehilangan satu point dan bola beralih ke faksi musuh. Oleh karena itu, teknik servis sebagai dasar yang perlu terkuasai secara prima oleh pemain voli.

Buka Juga :

Ada beberapa macam servis dalam bola voli yang perlu kamu kenali dan kerjakan. Berikut ialah penuturannya yang diambil dari Better at Volleyball:

1. Teknik Servis Bawah Bola Voli

Servis bawah dalam bola voli disebutkan dengan underhand serve. Pergerakan ini lumayan gampang dilaksanakan oleh pemain pemula, karena tidak memerlukan tenaga yang lebih. Maka kamu cuma fokus pada ayunan tangan saja.

Tetapi, kesusahan pada teknik ini ialah pengenaan bola dengan tangan yang kurang tepat. Untuk menanganinya, tangan harus ada pas ada di belakang bawah bola, pojok dorongan atau ayunan tangan mempunyai pojok di antara 30-45 derajat di depan. Dengan demikian, bola dapat melalui atas net.

Berikut ialah beberapa langkah bagaimanakah cara lakukan servis bawah dalam bola voli:

- Mengambil status ada di belakang garis lapangan atau tempat yang hendak dipakai untuk lakukan servis.

- Status kaki saat lakukan servis bawah dalam bola voli ialah kaki kiri sedikit maju dibanding kaki kanan. Badan sedikit cenderung di depan. Status kaki ini bisa dilaksanakan dengan kebalik bila pemainnya kidal.

Baca Juga :

- Pegang bola voli dengan tangan kiri, selanjutnya statuskan di muka badan. Teknik dasar servis bawah dalam bola voli ini bisa juga diganti seperti cara awalnya.

- Lalu, kepalkan tangan kanan dan ambil ke belakang.

- Seterusnya, melemparkan bola voli pada tangan kiri. Selanjutnya, tangan kanan diayunkan di depan untuk memukul pas pada bagian bawah bola.

- Pakai kemampuan untuk memukul bola melalui net dan jatuh ke tempat musuh. Tetapi, janganlah sampai melalui tempat itu karena akan dipandang tidak berhasil dan point dikasih ke team musuh.

2. Beberapa macam Servis Atas Bola Voli

Teknik dasar servis atas dalam bola voli dilaksanakan dengan menggenggam bola lewat tangan kiri dan tangan kanan yang siap memukul. Selanjutnya, lambungkan bola dengan tangan kiri melalui atas kepala dan jam dengan telapak tangan sekuat-kuatnya agar melalui net.

Berikut langkah melakukan:

-Mengambil status ada di belakang garis lapangan atau tempat yang dipakai untuk servis.

-Teknik servis atas dalam bola voli harus dilaksanakan pemain dengan status yang kuat.

-Lempar bola ke atas dan sedikit di depan memakai tangan kiri, selanjutnya konsentrasi pada bola.

-Ayunkan lengan kanan dari belakang ke atas, lalu maju untuk memukul bola memakai telapak tangan. Pergerakan ini bisa juga dilaksanakan dengan lompatan kecil atau disebutkan jumping servis. Status tangan kanan dan kiri bisa diganti bila ada pemain yang kidal.

-Pastikan bola sanggup terbang melalui net dan jatuh ke lapangan musuh.

3. Servis Samping Bola Voli

Servis samping sebagai teknik servis dengan status awalnya berdiri menyampingi lapangan atau net. Langkah lakukan servis samping ialah sebagai berikut :

Baca Juga :

-Posisikan tubuh dengan berdiri pada ke-2  kaki bertemu dengan sisi lapangan

-Pegang bola voli dengan status tangan dengan tinggi kepala

-Selanjutnya, helai bola voli sampai membumbung di depan tubuh

-Ayunkan sampai ke belakang tangan yang berperan untuk memukul.

-Tekuk ke-2  lutut dan yakinkan berat tubuh tertumpu ke belakang.

-Atur status tangan hingga tangan hingga pada status melongkar dan bergerak memukul bola.

-Langkah paling akhir dalam teknik servis samping ialah lakukan pergerakan memutar tubuh sampai menghadap net dan alihkan semua berat badan di depan.

4. Jumping Servis

Jumping servis atau servis loncat sebagai teknik servis yang sudah dilakukan seperti lakukan smash. Dengan demikian, bola yang dibuat akan keras, cepat, dan menukik. Servis ini mempunyai tingkat kesusahan yang tinggi, selanjutnya cuma beberapa pemain tertentu saja yang dapat melakukan

Berikut langkah lakukan jumping servis dalam bola voli:

- Berdiri dengan status beberapa mtr. dari garis belakang dan tubuh menghadap ke lapangan.

- Pegang bola memakai ke-2  tangan.

- Bangun lebih kurang dengan tinggi 3 mtr. di muka tubuh.

- Sesudah bola capai ketinggian yang diharapkan, kejar bola dan melakukan loncatan. Selanjutnya, jam bola seperti lakukan smash.

- Pecutkan pergelangan tangan supaya bola yang dibuat dapat berputar-putar dan secepat-cepatnya ke lapangan musuh.

- Begitu keterangan berkenaan teknik servis dalam bola voli yang penting terkuasai pemula. Kamu menjadi seorang pemain professional bila kuasai beberapa teknik di atas.

Ringkasan

Servis (Servis) ialah pukulan bola awalnya oleh salah seorang pemain belakang ke team rivalnya yang sudah dilakukan dari wilayah servis dan ditujukan ke dalam lapangan team musuh melalui atas net. Servis sebagai salah satunya teknik dasar permainan voli yang perlu didalami pertama kalinya terutamanya untuk beberapa pemula

Baca Juga Artikel Ini :

Langkah lakukan servis yang benar dan baik dalam permainan bola voli sebaiknya jadi perhatian baik saat menggunkan teknik servis bawah, samping, atas atau jumping. Teknik servis yang berkualitas berperanan supaya lemparan bola tidak sanggup diproses secara baik oleh faksi musuh hingga team akan sukses mendapatkan point.

Lebih baru Lebih lama