Negara Yang Beriklim Subtropis Di Kawasan Asia Tenggara : ASEAN

Negara Yang Beriklim Subtropis Di Kawasan Asia Tenggara : ASEAN

Bumi memiliki empat iklim yang dikuasai oleh topography dan letak geografis satu teritori. Iklim ialah keadaan rerata cuaca pada sebuah wilayah dalam periode waktu yang panjang. Pengertian yang lain, iklim sebagai satu keadaan atmosfer pada periode waktu tertentu.

Baca Juga Artikel Ini :

Berdasar status relatif satu daerah di bumi pada garis khatulistiwa, karena itu iklim dipisah jadi 4 tipe, yakni teritori tropika, subtropika, sedang dan kutub. Manakah dari negara-negara asean berikut yang memiliki iklim subtropis di evaluasi dari luas daerah geografinya.

Pengertian Iklim Subtropis

Subtropis ialah daerah bumi yang ada di utara dan selatan sesudah daerah tropis yang terbatasi oleh garis balik utara dan garis balik selatan. Daerah dengan iklim tropis memiliki 4 musim, salah satunya musim dingin, musim panas, musim semi, dan musim luruh.

Tentu saja, ke-4 musim itu memiliki ciri dan karakter sendiri dengan temperatur minimum, temperatur optimal, dan kelembapan, dan keadaan atau keadaan makhluk hidup yang memiliki ketidaksamaan. Daerah dengan iklim subtropis ada pada 23,5° lintang utara sampai 40° lintang utara dan 23,5° lintang selatan sampai 40° lintang selatan.

Ciri Daerah Subtropis

Teritori dengan iklim subtropis umumnya memiliki keadaan alam berbentuk badai, hujan salju atau tornado. Negara-negara dengan iklim subtropis memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim luruh dan musim dingin.

Setiap musim memiliki watak tertentu, seperti temperatur optimal atau minimum, kelembapan, dan flora dan fauna yang bisa hidup di daerah ini.

Rimba di daerah subtropis memiliki beberapa karakter sebagai berikut:

- Curahan hujan rata di antara 750 mm sampai 1000 mm /tahun

- Terdiri dari beberapa pohon berdaun lebar, hijau pada musim dingin, berjatuhan pada musim panas dan memiliki judul yang rapat

- Memiliki musim panas yang hangat dan musim dingin yang tidak begitu dingin

- Jarak di antara pohon satu dengan pohon yang yang lain tidak begitu rapat

- Jumlah atau tipe tumbuhan yang ada relatif sedikit

simak juga: Ketidaksamaan Kayu Legal dan Ilegal - Konsep dan Sertifikasi

Negara Dengan Iklim Subtropis

Negara Yang Beriklim Subtropis Di Kawasan Asia Tenggara : ASEAN

Negera-negara iklim subtropis diantaranya:

  • Iran
  • Irak
  • Nepal
  • Tiongkok
  • Jepang
  • Korea Utara dan Selatan
  • Afrika Selatan
  • Mesir
  • Australia sisi selatan
  • Cile
  • Turki
  • Hongkong
  • Amerika Serikat
  • Eropa

Negara-negara yang terhitung ke daerah iklim subtropis pada belahan bumi sisi utara, diantaranya:

Baca Juga :

- Mayoritas teritori benua Eropa, terkecuali negara teritori Skandinavia

- Teritori Asia tengah, Asia Timur dan Asia Barat sisi utara

- Amerika Serikat dan sekelilingnya

- Afrika Utara dan Afrika untuk selatan

Dan di bumi belahan selatan, daerah negara yang beriklim subtropis yakni:

- Australia

- Selandia Baru

- Amerika Selatan

Flora Dan Fauna 

Kehidupan flora dan fauna di rimba daerah beriklim tropis memiliki karakter tertentu, yakni memiliki kekuatan untuk tetap bertahan hidup lewat 4 musim. Berikut ialah contoh-contoh tumbuhan dan hewan daerah subtropis, diantaranya:

A. Flora 

Berikut ini ialah beberapa jenis tumbuhan yang hidup di daerah subtropis, diantaranya:

- Lavender adalah tanaman klinis dengan wewangian yang ciri khas. Lavender sebagai bisa menjadi obat herbal untuk menyembuhkan kesusahan tidur. Tumbuhan Lavender bisa tumbuh tinggi 1 sampai capai 4 kaki dengan lebar cabang 1 - 4 kaki.

Baca Juga :

- Moss Rose adalah tanaman ros yang memiliki ketahanan di lingkungan kering. Bunga ini bermekaran mulai dari musim panas sampai musim luruh. Moss Rose tumbuh capai 4 -8 inch dengan lebar 6 inch.

- Blanket Flower ialah tanaman yang memiliki warna bunga elok tersusun seperti rajutan sebuah selimut. Blanket flower terhitung tanaman yang memiliki ketahanan hebat di lingkungan kering dan gersang.

B. Fauna

Binatang yang hidup di teritori subtropis biasanya memilki bulu-bulu tebal, beberapa misalnya diantaranya:

- Beruang ialah binatang buas tipe Ursus yang dengan bulu tebal, bisa berdiri di atas ke-2  kakinya, bercakar, dan bermoncong panjang

- Rusa, sikat, atau menjangan ialah hewan mamalia pemamah biak (ruminan) yang terhitung kerabata Cervidae. Salah satunya ciri ciri khas rusa ialah ada antler (sundul rusa) yang sebagai perkembangan tulang yang berkembang tiap tahun, khususnya pada rusa jantan

- Tupai ialah kelompok mamalia kecil yang serupa dengan bajing. Tetapi secara ilmiah, tupai berkerabat jauh dengan bajing. Tupai ialah pemangsa serangga, dan bajing dan terhitung bangsa Rodentia (hewan pengerat) seperti tikus

Ringkasan

Efek perubahan iklim di daerah beriklim subtropis akan memberikan ancaman kestabilan wujud kehidupan yang ada di daerah iklim subtropis lembap. Gelombang panas dan badai yang benar-benar hebat diprediksi akan mempengaruhi tingkat hidup semua tipe makhluk hidup yang berada di zone iklim subtropis ini.

Buka Juga :

Kenaikan panas akan berpengaruh jelek dalam tumbuhan atau tanaman yang ke arah di hasil yang condong kecil untuk beberapa macam atau spesies. Selanjutnya, produksi dari jagung diprediksi akan turun karena perubahan iklim ini. Peluang hidup serbuk sari juga disebabkan secara negatif oleh panas yang tinggi sekali.

Kelebihan air dan panas menyebabkan lebih jumlahnya penyakit hama. Bumi sisi utara sudah bisa dibuktikan condong lebih rawan akan pemanasan bila dibanding dengan bumi belahan selatan. Di Amerika Serikat sisi Tenggara, manusia, hewan, dan tumbuhan keseluruhannya memiliki resiko berlangsungnya kenaikan temperatur.

Penyakit yang terkait dengan panas dan kematian semakin lebih beresiko karena lebih susah untuk mendinginkan badannya di daerah iklim subtropis yang lembap. Disamping itu, wajarnya gelombang panas karena perubahan iklim akan memunculkan teror yang condong bertambah untuk siapa saja yang menetap dan tinggal di iklim subtropis lembap ini.

Lebih baru Lebih lama