Teknik Pembuatan Patung Patung Dan Bahan Pembuatnya

 Teknik Pembuatan Patung Patung Dan Bahan Pembuatnya

Patung mempunyai peranan yang bermacam, dari peranan spiritual dan religius untuk aktivitas keagamaan dan kebudayaan tertentu. Misalkan untuk mengingati atau kenang kembali kejadian dan peristiwa yang monumental atau jasa seorang pahlawan di periode lalu.

Logam merupakan bahan untuk membuat patung dengan teknik landmark atau keunikan dari satu wilayah atau negara seperti patung Wisnu Kencana di Bali, patung Liberty di Amerika Serikat dan lain-lain. Langkah pembuatan patung memakai bahan dan alat tertentu sebagai media membuat.

Baca Juga Artikel Ini :

Patung merupakan kreasi seni rupa tiga dimensi yang dibuat dengan dua metode, yaitu :

1. Metode Ssubstraktif, yakni pembuatan patung dengan langkah kurangi volume. Metode substraktif dilaksanakan pada batu dan kayu.

2. Metode Aditif, yakni langkah membuat patung dengan langkah menambah volume. Metode aditif dilaksanakan pada tanah liat, plastisin, lilin.

Teknik Pembuatan Patung

Teknik ialah proses pembuatan yang diaplikasikan dalam membuat satu kreasi seni. Dalam seni membuat kreasi patung, ada banyak teknik yang bisa dilaksanakan. Diambil dari modul Seni Budaya Kelas IX (2017), berikut 5 teknik pembuatan patung :

1.Teknik Pahat

Yakni teknik yang sudah dilakukan dengan kurangi bahan memakai alat pahat. Misalkan, membuat patung dan relief dari bahan dasar kayu atau batu. Alat yang dipakai pada teknik pahat salah satunya ialah pahat dan palu.

2. Teknik Butsir

Yakni teknik membuat bahan lunak dengan kurangi dan menambahkan bahan dengan memakai alat butsir. Sebagai contoh misalkan membuat keramik dengan bahan dasar tanah liat. Teknik ini memakai alat yang dikatakan sebagai sudip.

3. Teknik Las

Yakni teknik membuat kreasi patung dengan langkah menyatukan untuk memperoleh wujud yang diharapkan. Teknik ini dipakai untuk menyatukan bahan logam dan merakitnya jadi wujud tertentu.

4. Teknik Cor

Yaitu teknik yang sudah dilakukan dengan langkah membuat cetakannya lebih dulu, lalu bahan adonan cor dituangkan ke cetakan. Teknik ini akan hasilkan wujud yang sama sesuai dengan wujud cetakan.

5. Teknik Cetak

Yaitu teknik yang seperti teknik cor. Teknik ini dilaksanakan dengan langkah membuat cetakan lebih dulu, tetapi bahan tidak harus dicor atau dituangkan. Dalam teknik cetak bahan lunak atau sedang dapat segera diapit memakai cetakan Bivalve yang mempunyai dua segi simetris seperti kerang.

Baca Juga :

Bahan Pembuat Patung

Dalam pembuatan patung ada beberapa jenis bahan yang umum dipakai. Tipe bahan patung itu dipisah jadi 4, salah satunya adalah :

1. Bahan Keras

Bahan keras bisa berbentuk batu-batuan, misalkan batu marmer, batu granit, atau beberapa macam kayu yang keras seperti kayu jati dan kayu ulin.

2. Bahan Sedang

Bahan sedang merupakan bahan yang tidak keras dan tidak lunak. Bahan itu bisa berbentuk beberapa macam kayu, misalkan kayu waru, kayu sengon, kayu randu, dan kayu mahoni.

3. Bahan Lunak

Bahan lunak ialah bahan yang bisa dengan gampang dibuat jadi patung, misalkan tanah liat atau plastisin.

4. Bahan Cetak

Bahan cetak merupakan bahan yang terbanyak digunakan dalam membuat patung. Ini karena prosesnya lumayan gampang yakni dengan cetak sama sesuai wujud yang diharapkan. Contoh bahan cetak yakni semen, gipsum, emas, perak, dan pasir.

Alat Pembuat Patung

Teknik Pembuatan Patung Patung Dan Bahan Pembuatnya

Patung ialah tiruan wujud orang, hewan, dan lain-lain yang dibikin dari batu-batuan, kayu, dan sebagainya. Selainnya beberapa bahan, dalam membuat patung kita akan memerlukan beberapa alat untuk menolong proses pembikinannya.

Buka Juga :

Adapun beberapa alat itu mencakup :

1. Butsir / Sudip

Ini merupakan alat yang dipakai untuk membuat patung dengan menggunting atau kurangi bahan dari patung. Umumnya dipakai untuk membuat patung dari tanah liat. Alat itu dibuat dari kayu dan kawat.

2. Meja Putar

Umumnya merupakan meja berwujud lingkaran yang bisa berputar-putar dan bisa menolong untuk membuat patung dari beragam arah.

3. Pahat

Ini merupakan alat yang dipakai untuk mengukir, kurangi atau membuat patung. Alat itu berbentuk sebilah besi yang mempunyai ujung miring. Biasa dipakai untuk membuat patung dengan bahan kayu atau batu.

4. Palu

Alat ini dipakai untuk memukul pahat, hingga dapat membuat skema patung. Palu juga bisa dipakai untuk memberi skema ke patung langsung.

5. Tang

Alat ini dipakai untuk mengubah wujud dari kawat. Kawat dipakai untuk membuat kerangka dari patung yang hendak dibikin.

6. Las

Alat ini dipakai untuk menghubungkan besi yang hendak dipakai baik untuk kerangka dari patung atau untuk bahan khusus dari patung itu.

7. Cetakan

Ini ialah alat yang dipakai untuk membuat patung yang mempunyai bahan berwujud adonan. Cetakan telah mempunyai wujud yang diharapkan untuk pembikinnya.

Lebih baru Lebih lama