Tuliskan Contoh Keragaman Flora Di Wilayah Timur Indonesia

 Tuliskan Contoh Keragaman Flora Di Wilayah Timur Indonesia

Flora di Indonesia capai 10% dari yang ada di dunia. Indonesia kaya sumber daya alam yang paling berlimpah, khususnya kekayaan sumber daya alam hayati yang beragam macam. Bahkan juga keberagaman hayati yang dipunyai tidak kalah jumlahnya dibandingkan dengan negara Brasil di benua Amerika dan Zaire di benua Afrika.

Baca Juga :

Persebaran flora (dunia tumbuhan) di Indonesia terdiri jadi tiga daerah yakni bagian barat, timur dan tengah atau peralihan. Tiap daerah mempunyai watakisktik masing-masing yang khas dan berlainan satu sama yang lain. Salah satu flora ciri khas di kawasan indonesia timur adalah vegetasi anggrek.

Persebaran Flora Di Indonesia

Kondisi flora dan fauna yang di jagalah di Indonesia sekarang ini banyaknya telah makin berkurang karena ada eksplorasi rimba yang sudah dilakukan oleh manusia. Menurut pakar biologi dari belanda Van Steenis di Indonesia minimal ada lebih kurang 4000 tipe pohon, 1500 tipe tumbuhan pakis-pakisan dan ada 5000 tipe bunga anggrek.

Bukan hanya itu bahkan juga van steenis mengelompokan ada lebih kurang 25.000 tipe tanaman yang mempunyai bunga dan lebih kurang 1,700 tumbuhan yang tidak mempunyai bunga. Dengan bukti ini jadikan Indonesia sebagai negara yang mempunyai tipe Flora di Indonesia bagian Barat, Timur dan Tengah :

1. Flora Bagian Barat ( Paparan Sunda)

Bila di Kalimantan ada 59 tipe flora epidemik karena itu di paparan sahul ini ada 10 tipe tumbuhan epidemik yang cuma dapat tumbuh di wilayah paparan sahul saja. daerah paparan sahul mencakup pulau Kalimantan, sumatera dan jawa yang mempunyai rimba hujan tropis paling besar dan terluas di dunia.

Flora di paparan sunda terdiri jadi tiga jenis yakni flora epidemik seperti bunga bangkai atau raflesia arnoldi yang cuma ada di daerah Bengkulu, jambi, dan sumatera selatan dan bunga anggrek tien Suharto yang cuma ada di daerah sumatera utara.

Baca Juga Artikel Ini :

Seterusnya flora khas paparan sunda adalah pada bagian pantai timur di supremasi rimba mangrove dan rawa gambut. Selanjutnya flora di bagian pantai barat dikuasai oleh meranti-merantian, rawa gambut, kemuning, rotan dan rimba rawa air tawar.

2. Flora Bagian Timur ( Paparan Sahul)

Flora atau tumbuhan sahul yang ada di daerah Indonesia bagian timur atau juga bisa disebutkan dengan flora australis. Kenapa disebutkan dengan flora australis ? Ini karena sama seperti yang telah dibahas awalnya jika daerah Indonesia bagian timur

Dulu bersatu dengan benua australia hingga tipe floranya hampir serupa. Daerah flora sahul mencakup wilayah pulau papua dan pulau-pulau kecil disekelilingnya. Rimba sahul mempunyai beberapa ciri sama seperti dengan rimba Australia daerah utara dengan beribu tipe tumbuhan dengan daunnya yang lebat dan hijau.

Ketinggian pohon di daerah ini dapat capai 50 mtr. tingginya.Karena lebatnya daun pohon di rimba sahul membuat cahaya matahari tidak tembus tanah hingga kelembapan dan mempunyai ciri ciri-ciri air tanah yang bagus dan membuat tanah subur dengan organisme yang ada di dalamnya. Karena ini juga ada beberapa tumbuhan menjalar atau epifit.

Baca Juga Artikel Ini :

Beberapa pohon yang hasilkan kualitas kayu yang paling berkualitas tumbuh di rimba ini misalnya :

- Pohon besi, cemara, merbau, jati dan eben hitam.

- Di wilayah pesisir pantai ada rimba mangrove yang paling lebat dan benar-benar baik untuk keamanan pantai. Dan di wilayah rawa ada pohon sagu yang disebut makanan dasar wilayah papua.

- Tumbuhan epidemik di wilayah itu salah satunya adalah pohon Rhododendron. Secara garis umum tipe flora yang ada di parapan sahul mencakup pohon sagu, rimba hujan tropic dan tipe pemetia pinnata.

3. Flora Bagian Tengah / Peralihan

Misalnya dengan namanya flora ini berada di daerah tengah atau peralihan dari daerah timur dan barat. Daerah yang terhitung di dalamnya adalah daerah pulau Sulawesi, Maluku dan nusa tenggara. Di pulau Sulawesi minimal ada 4.222 tipe flora yang mempunyai karakteristik yang nyaris serupa sama yang ada di Flipina, Maluku, nusa tenggara, dan jawa.

Flora di bagian peralihan ini bila ada di pantai akan serupa sama yang ada di papua tetapi untuk flora yang ada di gurun benar-benar serupa sama yang ada di Kalimantan.

Tipe flora epidemik di daerah ini adalah kayu ebonu atau yang umum dikenali dengan kayu besi di pulau Sulawesi. Sekarang ini kayu eboni atau kayu besi masuk ke barisan flora yang diproteksi karena telah hampir musnah kehadirannya. Kualitas kayu yang kuat dan tahan lama membuat mempunyai harga mahal.

Karakteristik Flora Di Indonesia Timur

Tuliskan Contoh Keragaman Flora Di Wilayah Timur Indonesia

Merilis dari buku IPS Terintegrasi (Geografi, Riwayat, Sosiologi, Ekonomi) untuk SMP Kelas VII, Mamat Ruhimat, berikut sejumlah karakteristik flora di Indonesia Timur.

- Sedikit ada tumbuhan tipe meranti-merantian.

- Tidak ada beragam tipe rotan.

- Ada rimba kayu putih.

- Ada tipe tumbuhan matoa, terutamanya di Papua.

- Banyak tumbuhan sagu.

- Tidak ada tipe nangka.

Contoh Flora Di Indonesia Timur

Karakteristik flora di Indonesia Timur banyak memiliki kemiripan dengan flora di Australia. Beberapa contoh flora bagian timur adalah seperti berikut :

- Anggrek Larat

- Cengkih

- Matoa

- Buah Merah

- Pohon Sagu

- Kayu besi

‌- Pohon Cendana

- Siwalan

- Pohon Eboni‌

Ringkasan

Ada factor fisik yang memengaruhi flora yang hidup di bumi, faktor-faktor fisik yang membutuhkan penyesuaian dengan lingkungan di mana flora itu hidup dan berkembang biak. Misalnya factor cuaca erat hubungannya dengan temperatur udara dan jumlah curahan hujan yang ada di wilayah itu.

Buka Juga :

Persebaran flora dan fauna di Indonesia atau di dunia juga dikuasai oleh factor biotik. Factor biotik di sini adalah hewan dan manusia, hewan sanggup berperanan dalam persebaran flora karena bawa biji flora dan membawa ke lain tempat.

Lebih baru Lebih lama